Gambaran umum

Kelurahan Campago Guguk Bulek  merupakan salah satu kelurahan dari 9 kelurahan yang ada di kecamatan Mandiangin Koto Selayan .

Secara geografis kelurahan Campago Guguk Bulek  memiliki luas 172 Ha, dengan batas wilayah  :

 

  • Sebelah utara : dengan Nagari Gadut dan Nagari Kapau Kab.Agam
  • Sebelah selatan : dengan kelurahan Manggis Ganting
  • Sebelah Barat : dengan kelurahan Campago Ipuah
  • Sebelah Timur : dengan Kecamatan Angkek Canduang Kab.Agam

 

Dari sisi sejarah. Kelurahan Campago Guguak Bulek dulunya di kenal dengan daerah “Ampek Kampuang”, yang berada dalam wilayah Jorong Mandiangin yang terdiri dari Kampuang Sarojo, Guguak Randah, Guguak Bulek, dan Banto Darano Talao. Setelah keluarnya UU. No.5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa, di Bukittinggi Jorong kemudian berubah menjadi Kelurahan, maka Daerah Ampek Kampuang menjadi Kelurahan Campago Guguak Bulek yang terletak di Kecamatan Mandiangin

Secara demografis kelurahan Campago Guguak Bulek pada akhir tahun 2018 memiliki jumlah penduduk 7146 jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 3587 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 3559 jiwa. Sedangkan jumlah KK sebanyak 1.705 KK.

Secara administrasi kewilayahan, kelurahan Campago Guguak Bulek terbagi atas 6 RW dan 30 RT, dimana pusat pemerintahan kelurahan berada di Campago yaitu lokasi tempat kita bertemu hari ini.

Kemudian di bidang usaha masyarakat kelurahan Campago Guguak Bulek, secara garis besar antara lain Industri rumah tangga,  perdagangan dan jasa, serta pertanian

Secara orbitasi waktu tempuh kelurahan ke pusat kecamatan Mandiangin Koto Selayan yang berjarak 0,5 km lebih kurah 2 menit, ke Pusat Kota berjaarak 2,5 diperlukan waktu 5 menit dank e Ibukota Propinsi yang berjarak 90 km diperlukan waktu 2 jam dengan kendaraan.. Untuk menempuh semua jarak tersebut dapat melalui jalan darat yang baik dan lancar.